Kamis, 13 Januari 2011

Pengertian Ilmu Pendidikan

Pengertian Ilmu Pendidikan

Ilmu Pendidikan adalah Ilmu yang mempelajari serta memproses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang di usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan: Proses, cara, pembuatan mendidik.

Definisi yang terpenting:
- Meningkatkan pengetahuan, pengertian, kesadaran, dan toleransi
- Meningkatkan “Questioning skills” dan kemampuan menganalisakan sesuatu termasuk pendidikannya
Meningkatkan kedewasaan individu

Arti Pendidikan
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan prses embelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan dan kebijaksanaan. Salah satu dasar utama pendidikan adalah untuk mengajar kebudayaan melewati generasi.

Menurut Para Tokoh:
1. John Dewey
Pendidikan adalah proses pembentukan-pembentukan kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional ke arah alam dan sesama manusia

2. Langeveld
Pendidikan adalah mempengaruhi anak dalam usaha membimbingnya supaya menjadi dewasa. Untuk membimbing adalah usaha yang disadari dan di laksanakan dengan sengaja antara orang dewasa dan anak-anak.
3. Hoogeveld
Pendidikan membantu anak supaya cukup cakap menyelenggarakaan tugas hidupnya atas tanggung jawabnya sendiri.
4. Rousseau
Pendidikan adalah memberi kita pembekalan yang ada pada masa anak-anak, akan tetapi kita membutuhkannya pada waktu dewasa
5. Ki Hajar Dewantara
Pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak –anak agar mereka sebagai manusia dan masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi tingginya.
6. SA. Bratanata
Pendidikan adalah usaha yang sengaja diadakan baik langsung maupun dengan cara yang tidak langsung untuk membantu anak dalam perkembangannya mencapai kedewasaan
7. GBHN
Pendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup.
(Zahara Idris, dasar-dasar Kepribadian, Bandung: Angkasa, 1984)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar